HUKUM PERSEROAN TERBATAS DEMISIONER DIREKSI DAN DEWAN KOMISARIS

Rp. 210.000

Sinopsis

Perseroan Terbatas, sebagai bentuk hukum PT yang paling diminati masyarakat dengan karakteristiknya sebagai persekutuan modal yang berbadan hukum, ternyata tidak selalu sejalan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam praktiknya. Kewenangan mengangkat, memberhentikan, dan mengganti Organ Direksi dan Dewan Komisaris ada pada Rapat Umum Pemegang Saham. Namun dalam praktiknya, terutama pada PT Tertutup, RUPS tidak selalu berjalan tertib. Begitu pula dengan Direksi dan Dewan Komisaris, sering kali kurang memperhatikan jangka waktu masa jabatannya.

UUPT mengatur bahwa jika masa jabatan Direksi dan Dewan Komisaris telah berakhir, mereka tidak akan otomatis menjabat kembali tanpa diangkat kembali oleh RUPS. Permasalahan muncul ketika masa jabatan mereka telah berakhir, tetapi RUPS tidak dapat diselenggarakan, bagaimana cara mengatasi masalah kevakuman jabatan Direksi dan Dewan Komisaris seperti ini.

Buku ini mencoba untuk membahas permasalahan ini dengan meninjau dari sisi teori organ, teori hukum, sistem hukum, dan tujuan hukum dibentuknya UUPT di Indonesia.

Nama Penulis :

  • Prof. Dr. Nindyo Pramono, S.H., M.S.
  • Dr. Ir. Daniel Suhardiman, S.H., M.H.

Nama Penerbit : Ranka Publishing
Jumlah Halaman : xvi
; 310 halaman
Ukuran Buku :
17,6 x 25 cm